Tips Bagi Mahasiswa Baru Agar Cepat Beradaptasi Di Lingkungan Kampus

Ilustrasi mahasiswa baru di lingkungan kampus

OPINIABDI.ID – Melanjutkan pendidikan ke bangku perguruan tinggi tentu saja menjadi mimpi bagi semua orang apalagi kamu yang baru lulus dari bangku SMA ataupun SMK.




Tapi tahukah kamu, jenjang perkuliahan adalah tempat dimana kamu akan dituntut untuk benar-benar mandiri?. Nah, bagi kamu yang baru lulus dan akan melanjutkan pendidikan di bangku perguruan tinggi.

Berikut adalah 6 tips yang bisa kamu gunakan untuk membantumu cepat beradaptasi sebagai mahasiswa baru.

1. Bangunlah relasi yang baik dengan teman-teman baru

Menjadi mahasiswa berarti sudah siap untuk mandiri. Dalam keseharianpun pastinya kamu akan membutuhkan orang lain terutama teman agar bisa membuat kita merasa bahagia berada di lingkungan kampus.

Membangun relasi yang baik dengan teman-teman baru yang datang dari berbagai daerah akan menambah warna tersendiri karena akan ada banyak hal baru yang bisa kalian bagi bersama.

2. Jangan canggung untuk bertanya kepada teman baru atapun senior mengenai lingkungan kampus

Jika kamu belum tau banyak tentang lingkungan kampus, mungkin kamu bisa bertanya kepada teman-teman barumu.Tapi kamu juga bisa bertanya kepada seniormu yang pastinya sudah memiliki pengalaman yang berlebih.

Kamu bisa menanyakan tentang aturan-aturan yang berlaku di kampus agar nantinya bisa kamu ikuti kedepannya. Buanglah rasa canggungmu dan mulailah berinteraksi dengan orang-orang di sekitarmu.

3. Carilah informasi dan kenalilah lingkungan kampus dengan cepat

Selanjutnya kamu harus mencari informasi tentang lingkungan kampus terutama yang berkaitan dengan fakultas dan jurusan yang kamu pilih. Dari sinilah kamu akan tahu tentang sitem pembelajaran dalam perkuliahannya.

4. Pandailah me-manage waktu

Mengatur waktu adalah sebuah keharusan bagimu. Kamu harus sadar bahwa waktu dalam perkulihan berbeda dengan ketika kamu berada di bangku SMA.

Advertisements

Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini 7 Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan

Akan ada banyak sekali kegiatan dan tugas dari dosen yang harus kamu selesaikan bahkan dalam waktu yang singkat. Untuk itu, kamu harus benar-benar pandai dalam mengurangi sifat buang-buang waktu dengan selalu menyicil dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

5. Jangan menjadi mahasiswa kupu-kupu (Kuliah pulang – kuliah pulang)

Kampus adalah wadah yang paling tepat untuk kamu bisa menyalurkan bakat dan minat yang kamu miliki.




Disini, kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang nantinya bisa juga mebantumu mendapatkan banyak teman baru, dan yang paling penting adalah kamu bisa mendapatkan pengalaman dalam berorganisasi.

Bukan hanya UKM saja, tetapi juga ada banyak organisasi di dalam fakultas, kampus dan bahkan di luar kampus yang bisa untuk kamu ikuti.

6. Berikan kesan yang baik kepada semua orang terutama dosen

Menjadi pribadi yang baik akan selalu membuatmu disenangi banyak orang. Bukan hanya sifat baik diluar kelas saja yang harus kamu tanamkan dalam dirimu tetapi juga harus dialam kelas.

Rajin belajar dan selalu aktif dalam setiap kegiatan perkuliahan didalam kelas dan sopan akan membuatmu disenangi banyak orang dan bahkan dosen.

Nah, itulah 6 tips yang bisa kamu gunakan agar bisa membantumu cepat beradaptasi dengan cepat di lingkungan kampus sebagai seorang mahasiswa baru.

Jika kamu punya tips lain, janghan lupa untuk dibagikan di kolom komentar yah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *