OPINIABDI.ID – Dalam kurun waktu beberapa tahun kebelakang, ada banyak anak-anak NTT yang berhasil menembus klub-klub sepakbola professional tanah air bahkan mancanegara.



Beberapa diantaranya seperti Yabes Roni, Yulius Mauloko, Frengky Missa bahkan Marselino Ferdinand yang kini menjadi andalah di Timnas Indonesia asuhan coach Shin Tae-yong.

Meski demikian, memang kita harus akui bahwa klub-klub sepakbola asal NTT memang belum mampu berbicara banyak di pentas sepakbola Nasional.

Terakhir ada klub PSN Ngada dan Perse Ende yang sering berhasil bersaing di ajang Liga 3 nasional, kompetisi kasta ketiga di Indonesia.

Terlepas dari sulitnya klub-klub lokal NTT bersaing di pentas sepakbola Nasional, disisi lain para atlet sepakbola muda lokal dari NTT justru berhasil menunjukan kemampuan talenta yang mereka miliki dan berhasil menembus beberapa klub elit dengan nama besar di kasta tertinggi sepakbola Indonesia.

Salah satunya adalah Alsan Sanda, putra asli NTT yang mampu menembus klub-klub elit tanah air.

Siapa sebenarnya Alsan Sanda? dan seperti apa profil lengkap tentang dirinya?, Berikut adalah ulasan lengkapnya.




Profil dan Karir Alsan Sanda

Advertisements

Pria kelahiran Kupang, 1 Agustus 1992 tersebut kini berkarir sebagai pesepakbola nasional yang memperkuat klub Bhayangkara FC.

Selain memiliki profesi sebagai pesepakbola profesional, ternyata Alsan Sanda juga merupakan anggota aktif Polri berpangkat Bripda.

Sebelum terjun ke dunia sepakbola, Alsan Sanda lebih dulu menjadi anggota Polri sejak tahun 2012.

Hingga niatan untuk menjadi pesepakbola mulai tumbuh kala dirinya menjadi pemain terbaik dalam turnamen liga desa di Bitung, dan bermain untuk PSKK Kota Kupang dalam ajang bergengsi El Tari Memorial Cup yang berlangsung di Maumere.



Setelah itu tawaran yang datang dari klub Bali United untuk mengikuti seleksi langsung diambil oleh Alsan hingga akhirnya, dirinya mampu terpilih dan memulai karir profesionalnya bersama klub Pulau Dewata tersebut.

Baca Juga: Siapa Ricky Nelson Ndun? Putra NTT yang Kini Nahkodai Tim Mutiara Hitam Arungi Liga 2

Hingga saat ini, pemain yang berposisi sebagai penyerang tersebut masih berprofesi sebagai anggota Polri dan bermain untuk klub naungan institusi Polri, Bhayangkara FC yang akan bersaing dalam ajang kompetisi BRI Liga 1 musim 2022/2023.

Semoga cerita karir Alsan Sanda dan pemai-pemain lainnya yang berasal dari nusa Flobamorata bisa menjadi motivasi dan semangat untuk talenta-talenta muda generasi NTT yang pada akrinya bisa membawa klub-klub lokal untuk mampu bersaing di pentas sepakbola Nasional.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *