Duo Bintang Timor Leste yang pernah berseragam Timnas Indonesia

OPINIABDI.ID – Duo Bintang Timor Leste yang Pernah Memperkuat Timnas Indonesia, Ada Yang Jadi Top Skor di Piala AFF 1998.




Berbicara tentang hubungan antara Indonesia dan Timor Leste memang terbilang sangat erat layaknya kakak beradik.

Salah satu hubungan lainnya yang tidak bisa terpisahkan antara kedua negara tetangga ini adalah kultur dan atmosfir sepakbolanya.

Meskipun saat ini bisa dikatakan sepakbola Timor Leste masih jauh dari Indonesia, namun perlahan mereka juga mulai bangkit.

Ini terlihat kala tim U22 Timor Leste berhasil mengalahkan Filipina U22 dengan skor 3-0.

Terlepas dari hubungan politis, diplomatis dan kultur budaya diatas, terselip sebuah cerita manis dari duo pesepakbola asal Bumi Lorosae tersebut. Keduanya adalah Miro Baldo Bento dan Joao Bosco Cabral.

Kira-kira apa kisah manis keduanya kala mengarungi panggung sepakbola tanah air? Simak ulasannya berikut ini!.

1. Miro Baldo Bento



Nama pertama yang akan selalu diingat oleh pecinta sepakbola Indonesia adalah Miro Baldo Bento. Pemain dengan nama lengkap Miro Baldo Bento de Araújo itu lahir di Dili, Timor Leste, pada 4 Juni 1975.

Miro Baldo Bento yang berposisi sebagai penyerang tersebut, bisa dibilang sebagai salah satu pesepakbola terbaik asal Timor Leste yang pernah bermain di Liga Indonesia dan berseragam Timnas Merah Putih.

Berbagai klub papan atas di Liga Indonesia pernah ia jajaki seperti Arseto Solo, Persija Jakarta, PSM Makassar, Persiba Balikpapan, PSIS Semarang, dan Persela Lamongan.

Miro Baldo Bento juga menjadi salah satu andalan ketika klubnya PSM Makassar berhasil menjadi kampiun Liga Indonesia musim 1999/2000.

Gol semata wayangnya di babak semifinal kala menghadapi tuan rumah Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno menjadi bukti dedikasinya kepada PSM Makassar yang berhasil melaju ke final.

Advertisements

Namanya juga tercatat menjadi salah satu punggawa timnas Indonesia pada Piala AFF 1998. Kala itu Miro Baldo Bento juga berhasil menjadi salah satu top skor di Piala AFF 1998 bersama dengan Aji Santoso yang sama-sama mengoleksi 3 gol.

Karier sepakbola Miro Baldo Bento di liga Indonesia berakhir pada 2010 karena ia memutuskan untuk gantung sepatu dan pulang ke Timor Leste yang pada awal 2000-an memutuskan berpisah dengan Indonesia dan menjadi negara berdaulat.

2. Joao Basco Cabral



Pemain bernama lengkap Joao Bosco Ribeiro Cabral lahir di Timor Leste pada 7 Juli 1975.

Joao Cabral memiliki posisi bermain sebagai pemain belakang (bek tengah). Selain nama Miro Baldo Bento, Joao Bosco Cabral juga merupakan pesepakbola asal Timor Leste lainnya yang pernah berseragam Timnas Indonesia.

Simak Juga:

Karir klub Joao Bosco Cabral berawal dari klub Arseto Solo bersama dengan Miro Baldo Bento.

Setelah meninggalkan Arseto Solo, Joao Cabral bertualang ke beberapa klub lainya di liga Indonesia seperti Persikota Tangerang, PSPS Pekanbaru, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya dan berakhir bersama Bali Devata.

Ia juga dikenal sebagai pemain yang nyentrik dengan tampilan brewoknya. Bersama Persikota Tangerang, ia berhasil mengukir prestasi dengan lolos ke semifinal Liga Indonesia musim 1999/2000.

Baca Juga: Daftar Klub Sepakbola di Provinsi Nusa Tenggara Timur 2022/2023.

Prestasi lainnya di level klub juga ia rasakan kala bersama klubnya Persija Jakarta, melaju ke semifinal Liga Indonesia musim 2007.

Sama seperti rekan senegaranya Miro Baldo Bento, Joao Bosco Cabral juga memilih untuk kembali ke negaranya Timor Leste dan menjadi warga negara Timor Leste.

Itulah duo Bintang Timor Leste yang pernah berseragam Timnas Indonesia Merah Putih.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *