Apa itu jagung bose?

Sunber Gambar : instagram.com/isyah.aisyah.7564

OPINIABDI.ID – Ada beragam makanan khas NTT yang sangat layak untuk kamu coba jika akan berkunjung ke sana. Salah satunya yang tak boleh terlewatkan adalah olahan makanan khas NTT yang memiliki tekstur kental dan gurih, apalagi kalau bukan jagung bose.




Kamu udah pernah dengar belum namanya? Atau mungkin pernah mencicipinya?

Kalau belum maka simak pembahasan dalam ulasan dibawah ini yah!

Apa itu jagung bose?

Jagung bose merupakan salah satu olahan makanan khas Provinsi Nusa Tenggara Timur yang sudah menjadi salah satu olahan makanan khas tradisional yang sudah diwariskan secara turun tenurun.

Kebanyakan masyarakat NTT mengonsumsi olahan makanan ini sebagai makanan pengganti nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat



Olahan makanan khas ini biasanya menggunakan jagung pulut sebagai bahan utama karena teksturnya yang empuk dan tidak keras saat dikomsumsi.

Baca Juga: Cara Membuat Jagung Bose, Makanan Khas NTT

Advertisements

Untuk bahan pelengkap masakan makanan khas ini biasanya dimasak dengan menggunakan campuran aneka kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang nasi, kacang merah hingga menggunakan dedaunan sayuran seperti daun pepaya dan sayuran lainnya.

Di Masa moderen ini, banyak sekali olahan makanan jagung bose yang sudah dimasak dalam beragam jenis menu sesuai dengan selera masing-masing.

Meski demikian, jika ingin untuk merasakan rasa original dari olahan makanan khas NTT ini, biasanya ditentukan dari cara memasaknya.




Caranya adalah harus dimasak secara tradisional dengan menggunakan kayu api dan dimasak diatas tiga batu tungku sebagai penyanggah wadah masakan.

Biasanya dalam berbagai acara yang digelar baik itu pesta pernikahan, syukuran atau saat melakukan ritual adat, makanan yang satu ini pasti tidak akan pernah luput dan selalu menjadi salah satu sajian menu makanan yang dihidangkan.

Jagung bose sendiri biasanya dikomsumsi dengan hidangan sambal lu’at dan ikan bakar bahkan dengan daging se’i sebagai pelengkap nikmatnya hidangan khas NTT yang satu ini.

Jika kamu berkunjung ke NTT maka jangan lupa untuk mencicipi olahan Makanan khas NTT ini yah! Yuk langsung dimasukan ke menu list travel food kamu.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *