Wisata Kampung Adat Di NTT

OPINIABDI.ID – 5 Destinasi Wisata Kampung Adat Di NTT Yang Masih Eksis Dan Lestari akan dibahas dalam artikel ini oleh opiniabdi.id.



Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tak hanya kaya akan keindahan panorama alamnya yang masih asri dan memanjakan mata para pelancong.

Di NTT juga sangat mengedepankan budaya luhur yang sering disebut adat istiadat. Ternyata di NTT juga masih ada lho beberapa kampung adat yang sering dijadikan tujuan untuk destinasi wisata.

Mau tau dimana saja itu? Berikut adalah lima destinasi wisata kampung adat di NTT yang masih eksis dan lestari untuk kamu kunjungi.

1. Kampung adat Boti, Timor Tengah Selatan (Wisata Kampung Adat Di NTT)

Sebenarnya daerah Boti merupakan sebuah perkampungan atau pemukiman yang berbentuk kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja lho.

Letak perkampungan ini berada di kabupaten Timor Tengah Selatan.
Masyarakat disini sangat memegang teguh keyakinan dan tradisi leluhur sebagai sesuatu yang sangat sakral dan harus dihormati.




Selain itu masyarakatnya dikenal sebagai orang yang pekerja keras dan sangat teguh dalam pendirian. Disini juga banyak sekali rumah adat dan tradisi khas orang Timor yang masih ada dan lestari hingga saat ini.

2. Kampung adat Takpala, Alor Tengah Utara (Wisata Kampung Adat Di NTT)

Kampung adat Takpala merupakan salah satu kampung adat yang ada di pulau Alor yang dihuni oleh suku Abui. Tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun manca negara.

Disini terdapat banyak rumah adat yang masih terawat hingga saat ini lho dan bahkan kamu juga boleh berfoto dengan mengenakan pakaian adatnya yang dapat kamu sewa seharga *Rp.50.000 selama yang kamu mau.

Tak hanya itu, terdapat pula tempat khusus yang menjajakan beberapa cinderamata khas Takpala yang bisa kamu beli dengan harga yang sangat terjangkau.



3. Kampung adat Benteng None, Timor Tengah Selatan (Wisata Kampung Adat Di NTT)

Kampung adat Benteng None merupakan salah satu kampung adat yang ada di daratan pulau Timor yang masih ada hingga saat ini yang lokasinya terletak di kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Uniknya mayoritas kampung ini dihuni dengan keluarga besar dengan marga “Tauho”.

Jika kamu berkunjung ke sini maka akan kamu akan dimanjakan dengan bentuk rumah adat orang Timor yaitu “ume kbubu” (rumah bulat) dab “lopo”.

Selain itu juga akan ada pertunjukan adat lainnya seperti tarian dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Spot Malming Paling Favorit Di Kota Kupang

4. Kampung adat Bena, Flores 

Ada yang sangat unik dan mencolok dari kampung adat Bena yang merupakan salah satu kampung adat tertua di Flores ini.

Selain menyuguhkan panorama alam yang indah dan kehidupan masyarakatnya yang masih memegang teguh budaya luhur, ternyata kampung adat ini juga merupakan sentra penghasil kopi lho yang dikenal dengan nama kopi Bajawa.

Buat para pecinta kopi, udah pasti tempat ini rekommended banget deh!.




5. Kampung adat Wae Rebo, Manggarai

Jika kamu berkunjung ke NTT khususnya daerah Manggarai, jangan lupa ya menyempatkan diri untuk berwisata ke kampung adat Wae Rebo ya. Kampung adat ini merupakan satu-satunya yang masih tersisa di Manggarai.

Selain rumah adat atau yang biasa disebut Mbaru Niang yang masih ada dan ditinggali, ternyata medan yang akan kamu tempuh kesana pun akan terasa lengkap karena kamu akan disuguhkan panorama pegunungan nan indah apalagi yang suka menjelajahi alam.

Nah, itulah lima destinasi wisata kampung adat di NTT yang masih eksis dan lestari untuk kamu kunjungi. Kira-kira mana nih yang sudah masuk list traveling kamu?.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *